Rabu, 02 Mei 2012

Tali Sepatu

Kenapa ada tali sepatu? Salah satu alasannya adalah agar kaki kita dapat dengan mudah masuk kedalam sepatu dan setelah itu tali sepatu tersebut kita kencangkan agar tidak longgar sehingga kaki kita tidak keluar-keluar pada saat kita gunakan untuk berjalan maupun berlari.

Tali sepatu selain berguna sebagai pengikat sepatu, bisa juga digunakan sebagai aksesories walaupun secara umum tali sepatu itu terlihat sebagai barang yang “sepele". Biasanya tali sepatu didapat satu paket pada saat beli sepatu tapi ada juga yang dijual terpisah. Nah, untuk tali sepatu yang dijual terpisah harganya sangat bervariasi lho, mulai dari seribu perak per pasangnya untuk yang termurah. Pasti dalam benak kita berpikir bahwa harga sepasang tali sepatu pasti gak mahal-mahal banget. Jangan salah... walaupun barang "sepele” ada tali sepatu termahal yang dibandrol dengan harga US$. 19,000.00 atau Rp. 197.000.000,00. Tali sepatu termahal ini dibuat oleh Colin Hart dari Amerika serikat. Kenapa mahal? karena bahannya terbuat dari emas 24K :-) nah termahal kedua terbuat dari perak dengan harga US$. 3,000.00 atau sekitar Rp. 26.000.000,00 dibuat oleh orang yang sama pula. Gak percaya? silakan dibaca info lengkapnya di : http://infoemas24k.wordpress.com/2012/05/02/ini-dia-tali-sepatu-termahal-didunia-dihargai-rp-197-juta/

Oh iya, baru-baru ini tali sepatu juga digunakan sebagai modus perampokan yaitu untuk mengikat para korban atau sandera, tapi kita gak akan bahas hal tersebut disini. Aniwei buswei, ada aneka cara mengikat tali sepatu supaya bisa bervariasi diantaranya model lurus, silang, kotak-kotak dan lain-lain. Biasanya yang sering digunakan dan yang paling mudah adalah yang model lurus. Nah, untuk anak-anak yang baru belajar biasanya diajarkan yang model lurus kemudian diikat pita, bahkan ada beberapa iklan media elektronik yang menayangkan ketika seorang anak berhasil mengikat tali sepatunya sendiri. Ternyata hal tersebut merupakan sebuah perkembangan anak yang dapat membanggakan untuk sang ibu dan anak itu sendiri.

Nah, sebenernya ini yang mau saya “angkat” pada tulisan ini. Mengikat tali sepatu bukanlah pekerjaan yang mudah bagi seorang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan baru belajar begitu banyak hal diantaranya mengikat tali sepatu. Padahal pada saat sedang digunakan untuk berjalan, bermain atau berlari tali sepatu tersebut bisa saja lepas secara tidak sengaja. Ketika tali sepatu seorang anak yang sedang bermain lepas biasanya anak-anak tidak terlalu memperhatikan sehingga tidak menyadari bahwa tali sepatunya lepas dan mereka terus saja bermain, padahal jika dibiarkan hal ini dapat membahayakan anak tersebut atau bahkan ketika mengetahui bahwa tali sepatunya lepas pun anak-anak ini biasanya sulit atau bingung untuk mengikatnya kembali sehingga mereka tidak aware.

Teman begitu banyak bentuk cinta yang bisa kita berikan kepada orang-orang disekitar kita, diantaranya adalah dengan mengikatkan tali sepatu seorang anak yang lepas ketika mereka sedang bermain dengan teman-temannya. Hal inilah yang dilakukan oleh seorang kawan saya. Saat kami sedang meluangkan waktu bersama dalam sebuah outbond “Petani Cilik” yang diadakan oleh Rumah Amalia di Tanah Tingal Ciputat, saya melihat kawan saya begitu tulus membantu seorang adik yang tidak menyadari bahwa tali sepatunya lepas ketika sedang bermain bersama teman-temannya. Terkesan dengan kejadian itu dan tak mau kehilangan moment tersebut saya mengabadikannya dengan memotret moment tersebut.

Sepanjang perjalanan dihari itu, rasa syukur saya pada Sang Maha Cinta semakin bertambah karena bisa melihat dan merasakan begitu banyak cinta. Cinta pada sesama kawan, cinta pada anak-anak yang secara “darah” mereka bukan siapa-siapa kami tetapi kami begitu mengasihi mereka seperti bagian dari keluarga kami sendiri, diantaranya prosesi pengikatan tali sepatu. Semoga semakin banyak orang yang pandai bersyukur dengan lebih banyak berbagi cinta pada sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan sehingga juga bisa merasakan betapa berharganya hidup ini dan betapa kita tidak sendiri di dunia yang begitu indah ini.

Ternyata..... cinta itu lebih kental daripada darah ;-)

dan ingatlah ketika Allah menyatakan, 'sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti AKU akan menambah (nikmat) kepadamu...' [QS 14 : 7]

sayangilah semua yang ada dimuka bumi, maka seisi langit akan mencintaimu [unknown]


.:SiBart @010512

[mendadak terinspirasi nulis saat edit photo]

Tidak ada komentar: